Menteri Turki Serukan Kaum Muslimin Boikot Bank-Bank Swiss

Menteri Luar Negeri Turki Egemen Bagis menyerukan umat Islam untuk menarik semua uangnya dari bank-bank Swiss dan tidak lagi menggunakan jasa-jasa banks Swiss. Bagis menyerukan boikot terhadap bank-bank Swiss sebagai respon atas larangan menara masjid di negara Eropa itu.

“Larangan menara masjid itu merupakan kesempatan bagi saudara-saudara kita di seluruh negeri Muslim yang menyimpan uangnya di bank-bank Swiss, untuk mempertimbangkan menarik semua uang mereka,” kata Bagis yang juga juru runding Turki dalam negosiasi keanggotaan Turki ke dalam blok Uni Eropa.

Bagis mengecam pemerintah Swiss yang telah memberi peluang atas referendum yang digulirkan oleh partai sayap kiri di Swiss itu. Namun ia yakin, pemerintah Swiss akan mengakaji kembali larangan tersebut setelah mendapat tekanan yang kuat dari dunia internasional.

Lebih lanjut Bagis menyerukan agar umat Islam dan negeri-negeri Muslim memindahkan dana yang disimpannya di bank-bank Swiss ke bank-bank Turki. Bagis menjamin bank-bank di Turki adalah bank-bank yang sehat. “Tahun 2008, ketika banyak bank di dunia yang bankrut, tak satupun bank di Turki yang terpengaruh oleh krisis global. Pintu bank-bank di Turki terbuka lebar bagi umat Islam yang ingin menyimpan uangnya,” tukas Bags.

Sementara di Swiss sendiri, larangan menara masjid mulai memicu perdebatan. Para ekonom mengkhawatirkan larangan itu akan mempengaruhi perekonomian Swiss. Setiap tahunnya, Swiss rata-rata menerima kunjungan 250.000 wisatawan dari negeri-negeri Muslim yang memberikan kontribusi 5 persen dari seluruh pendapatan sektor wisata negara Swiss.

Juru Bicara Economiesuisse-wadah organisasi ekonomi terbesar di Swiss-Urs Rellstab dalam pernyataan sikapnya atas referendum larangan menara masjid menyatakan bahwa 7 persen tujuan ekspor Swiss adalah negara-negara yang mayoritas penduduknya Muslim.

“Negeri-negeri Muslim adalah pasar yang terus berkembang dan menjadi penting di masa-masa krisis,” tulis Rellstab dalam pernyataannya.

Media massa di Swiss juga mengingatkan akan bahaya jika umat Islam menarik seluruh simpanannya di bank-bank Swiss sebagai balasan atas larangan menara masjid di negeri itu. Kemungkinan ini akan menimbulkan persoalan bagi perekonomian dalam negeri Swiss. (Eramuslim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s