Korupsi Dimulai dari Ketidaktegasan Hukum

JAKARTA–Maraknya korupsi di Indonesia sebenarnya beawal dari ketidaktegakkan hukum Allah SWT di bumi ini dan hukum buatan manusia. Selain itu, juga berawal dari ketidaktegasan hukum tadi dalam kasus-kasus korupsi. Sehingga menyebabkan para pelakunya tak segan-segan untuk mengulangi perbuatan korupsinya, bahkan banyak ‘pemain’ baru.

Ini disampaikan Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia, Achmad Satori Ismail, dalam perbincangan dengan Republika di Jakarta, Rabu (9/12). Termasuk maraknya bencana alam yang terjadi di negeri ini menurut satori, dikarenakan tidak komitmennya umat pada agama Allah SWT.

Lebih lanjut Satori menegaskan bahwa kecilnya lketeladanan yang diberikan oleh para pemimpin dan pejabat negeri ini padarakyatnya, salah satu faktor dominan maraknya korupsi. ”Sedikit sekali keteladanan yang diberikan para pemimpin ini misalnya bagaimana hidup sederhana, Qona’ah, hidup secukupnya, tidak bermegahan. Ini membuat rakyatnya juga hidup materialistis, ditambah lagi mereka jauh dari spiritualitas,” tandas Satori.

ia juga mengungkapkan bahwa pemerintah sudah saatnya untuk bersikap tegas dalam upaya penegakkan hukum terkait kasus korupsi di negeri ini. ”Hukum harus ditegakkan, jangan pilih-pilih. Justru hanya menyorot kasus-kasus korupsi kecil saja. Sementara kasus-kasus korupsi besar yang menyangkut dana miliaran bahkan triliunan rupiah, dibiarkan saja,” kata Satori.

Ini yang meudian menimbulkan semacam pameo di masyarakat bahwa kalau korupsi jangan tanggung-tanggung atau setengah-setengah. ”Karena kalau setengah-setengah, justru akan duluan diusut dan dihukumnya, sementara yang tidak setengah-setengah atau menyangkut dana sangat besar, bisa tak tersentuh hukum,” kata Satori. (ROL)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s