Rusia Luncurkan Pesawat Tempur Baru

MOSKOW–Sebuah pesawat tempur Rusia yang baru diproduksi di tengah-tengah kerahasian paling tinggi sebagai bagian satu rencana untuk memordernisasi angkatan bersenjata, Jumat (29/1) melakukan penerbangan perdananya yang berhasil, kata para pejabat.

Pesawat Jet generasi ke lima Sukhoi T-50, yang diproduksi perusahaan Sukhoi dan dikenal sebagai PAK FA , melakukan penerbangan hanya 45 menit di pangkalan perusahaan itu Komsomolsk-on-Amur, wilayah Timur Jauh.

“Penerbangan itu berhasil dan berlangsung 47 menit . Semua pekerjaan yang dihadapi dalam penerbangan pertama itu berhasil dilaksanakan,” kata juru bicara Sukhoi, Olga Kayukova kepada kantor berita Interfax.

Televisi pemerintah menayangkan gambar pesawat itu mendarat dalam apa yang disebutnya adalah citra pertama pesawat itu.

Interfax mengatakan, jet baru itu memiliki kemampuan melakukan penerbangan jauh di atas kecepatan suara serta dapat menyerang secara serentak target-target yang berbeda.

Rusia kini memulai satu program besar untuk melengkapi kembali militer terutama angkatan udara yang masih menggunakan banyak peralatan era Sovyet dan sering mengalami kecelakaan.

Pesawat tempur baru itu, yang dibangun sejak tahun 1990-an menurut rencana akan memasuki jajaran angkatan bersenjata tahun 2015, kata kantor-kantor berita Rusia. (republika.co.id)

more about Sukhoi T-50 : http://en.wikipedia.org/wiki/Sukhoi_PAK_FA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s