PKS Selenggarakan Munas 16 – 20 Juni 2010 di Jakarta

PKS Musyawarah Nasional Hari Ini

VIVAnews – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar Musyawarah Nasional antara 16 sampai 20 Juni 2010 ini. Musyawarah yang akan diikuti 2.700 peserta dan 1.000 undangan ini bertempat di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta.

Para peserta terdiri dari 99 anggota Majelis Syura, perwakilan Dewan Pimpinan Wilayah dari 33 provinsi, perwakilan Dewan Pimpinan Daerah yang berkedudukan di kabupaten/ kota dan sejumlah perwakilan PKS di luar negeri. “Tema Musyawarah Nasional, ‘PKS untuk Semua’,” ujar Ketua Panitia Munas, Makmur Hasanudin.

Agenda pada hari Rabu ini, 16 Juni, adalah Musyawarah Majelis Syura. Musyawarah 99 orang yang dipilih melalui Pemilihan Raya PKS ini untuk memilih Ketua Majelis Syura dan kabinet PKS yang meliputi Presiden PKS, Majelis Pertimbangan Pusat, Dewan Syariah Pusat, Sekretaris Jenderal PKS dan Bendahara PKS.

PKS membuat terobosan baru di strukturnya, sebagai bagian dari strategi pemenangan dalam Pemilu 2014. “Rancangan struktur DPP PKS yang akan disahkan pada Munas ke-2 mengintegrasikan struktur DPP dengan struktur Fraksi di DPR,” kata Mahfudz Siddiq, salah satu Ketua PKS dalam struktur yang akan diresmikan nanti.

Struktur DPP akan menggarap semua agenda dakwah, pelayanan masyarakat dan pembangunan basis dukungan. Sementara struktur fraksi mengelola agenda kebijakan publik dan pemerintahan. “Duet Luthfi-Anis akan mengomandani kerja besar ini,” kata Mahfudz kepada VIVAnews.

Luthfi-Anis yang dimaksud adalah Luthfi Hasan Ishaaq, Presiden DPP PKS, dan Anis Matta, Sekretaris Jenderal.

Desain organisasi DPP PKS ini, ujar Mahfudz, untuk memastikan capaian target Rencana Strategis 2010-2015 dan capaian target Pemilu 2014. “Kontrol kebijakan-kebijakan strategis partai dijalankan oleh Dewan Pimpinan Tinggi Partai yang terdiri dari Ketua Majelis Syura, Presiden DPP, Ketua Majelis Pertimbangan Pusat, Ketua Dewan Syariah Pusat, Sekjen, dan Bendahara,” ujar Mahfudz.

Musyawarah Nasional yang di lingkungan internal PKS disebut sebagai Musyawarah Majelis Syura yang Diperluas baru dibuka Kamis besok. “Nanti Munas dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,” Makmur menyampaikan.

Pada 18 Juni, agendanya adalah sosialisasi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PKS perubahan. Kemudian 19 Juni, seminar-seminar internasional menghadirkan nara sumber Duta Besar Jerman dan Duta Besar Amerika Serikat. Penutupan pada 20 Juni yang ditandai dengan pelantikan kabinet Majelis Syura. (kd)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s