Kejaksaan Cianjur Selidiki Dugaan Penyelewangan Dana Bantuan di Cibinong

KEJARI CIANJUR LAKUKAN PENYELIDIKAN DI CIBINONG

Cianjur, 6/7 (ANTARA) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Cianjur, Jabar, melakukan penyelidikan kasus dugaan penyelewengan dana lauk pauk bagi korban bencana alam di Kecamatan Cibinong, Cianjur selatan.

Sebelumnya Kejari Cianjur, menyeret Camat Sindang Barang, Daseng ke Pengadilan Negeri Cianjur, terkait kasus yang sama.

Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Cianjur, Suherman SH, Selasa membenarkan hal tersebut. Saat ini pihaknya telah melakukan penyelidikan ke Kecamatan Cibinong, guna mengumpulkan bukti.

“Saat ini kasus dugaan penyelewengan dana lauk pauk di Kecamatan Sindangbarang, telah disidangkan. Sedangkan Cibinong, saat ini masih dalam proses lidik,” katanya.

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya, baru mendapatkan data dari dua desa yang menyatakan tidak ada keterlibatan Kepala Kecamatan Cibinong dalam pencairan dana lauk pauk bantuan pemerintah pusat beberapa waktu lalu itu.

“Hingga kini baru dua desa yang kami selidiki di Kecamatan Cibinong, dari dua desa tersebut ternyata tidak ada keterlibatan Camat Cibinong,” ujarnya.

Namun tambahnya, kalau nanti dari hasil penyelidikan terungkap, keterlibatan camat, maka tidak menutup kemungkinan camat tersebut, akan ditetapkan sebagai tersangka.

Dikatakannya, pihaknya tidak akan menutup mata atau melakukan tebang pilih dalam menangani kasus dugaan korupsi atau penyelewengan yang dilakukan aparatur daerah.
“Siapapun yang salah dan terbukti secara hukum, maka akan ditetapkan sebagai tersangka, terlepas itu camat atau bupati sekalipun,” katanya dengan nada tegas.

Sementara itu, Sesep (39) salah seorang tokoh masyarakat Cibinong, meminta keseriusan Kejari Cianjur, mengungkap kasus penyelewengan dana bencana alam dan menindak siapapun yang terbukti menyelewengkan dana tersebut.

“Apa pun alasannya kalau sudah menyimpang dari aturan maka harus ditindak, termasuk ada dugaan penggunaan dana bencana alam di Desa Cicangkareng Kecamatan Cibinong, untuk program perelek di Dinas Pendidikan nasional Cianjur,” pungkasnya.***1***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s