KPU Cianjur Antisipasi Pemalsuan Dukungan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menyebarkan formulir B8 untuk calon perseorang guna menghindari terjadinya penipuan dan pemalsuan data dukungan.

Ketua KPU Cianjur, Unang Margana, Jumat, mengatakan formulir tersebut disebarkan Panitia Pemungutan Suara (PPS), dimana formulir akan diisi warga yang merasa tidak memberikan dukungan, namun dicantumkan dalam bukti dukungan yang diserahkan balon.

Dimana saat ini, PPS sedang melaksanakan tugas verifikasi faktual tahap I, terhadap tiga orang pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan yang sebelumnya lolos verifikasi administratif.

?Formulir itu disebarkan PPS ke tiap-tiap rumah pendukung dari calon perseorangan. Isinya terkait apakah benar telah mendukung calon tersebut atau tidak,? katanya, Jumat.

Dia menambahkan, jika warga tersebut tidak merasa memberikan dukungan, namun KTP dan tanda tangannya ada dalam berkas dukungan calon, yang bersangkutan dapat mengisi formulir tentang penolakan atau pencabutan dukungannya.

?Warga dapat mengisi formulir tersebut jika keberatan telah memberikan dukungan. Jika formulir itu di isi maka dengan sendirinya dukungannya gugur terhadap calon tersebut,? tuturnya.

Tujuan dari dibagikannya formulir tersebut, ungkap dia, untuk mengeliminir dan mengantisifasi praktek kolektif dukungan yang dilakukan tanpa sepengetahuan pemiliknya atau biasa disebut KTP ?tembak?.

Pasalnya, praktek pemalsuan dokumen tersebut, disinyalir terjadi di lapangan yang dilakukan oknum tim sukses dari calon independen agar lolos kuota dukungan 66 ribu KTP tersebut.

Sementara itu, hasil dari proses verifikasi faktual, jumlah dukungannya bagi balon ada yang berkurang.

Namun balon tersebut diberi kesempatan untuk memperbaikinya dan masih berhak untuk mendaftarkan diri sebagai calon bupati dan wakil bupati Cianjur, periode 2011-2016 pada saat pendaftaran nanti. (Antara)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s