Persediaan Darah PMI Cianjur Menurun Selama Puasa

Persediaan kantong (labu) darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Cianjur, Jabar, mengalami penurunan signifikan selama bulan Puasa.

Kepala Teknisi Darah UTD PMI Cianjur, Azwar B Chaniago, mengatakan, selalu terjadi setiap tahun terutama memasuki bulan suci Ramadhan.

Hal tersebut dikarenakan minimnya pasokan darah yang ada dan berkurangnya jumlah pendonor serta kegiatan donor darah selama bulan puasa.

“Saat ini hanya 95 labu stok darah yang ada, terdiri dari golongan darah B (40 labu), golongan O (40 labu), golongan darah A (15 labu), sedangkan golongan darah AB kosong,” katanya, Jumat.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya hanya mampu memenuhi kebutuhan darah bagi Cianjur sebanyak 16 persen dari kebutuhan yang mencapai 600 labu perbulannya.

“Jumlah tersebut bisa dibilang sangat tipis jika tidak ada pendonor selama bulan Ramadhan. Saat ini memang sulit mencari pendonor,” ujarnya.

Untuk antisipasi kelangkaan darah selama bulan Ramadhan dan menjelang lebaran nanti, tutur dia, pihaknya saat ini, tengah gencar melakukan sosialisasi tentang pentingnya berdonor darah terutama bagi pihak yang tidak sedang menjalankan ibadah puasa.

“Minat masyarakat Cianjur untuk mendonorkan darahnya terbilang rendah. Sehingga hampir setiap bulan, kami selalu kekurangan darah. Untuk mengatasi kekurangannya terpaksa di back up dari UTD PMI Jakarta dan UTD PMI Bandung,” tandasnya.

Tingkat kesadaran donor darah di Cianjur menurut dia, masih di bawah standar World Health Organization (WHO) yang menyebutkan, jika 2 persen dari jumlah penduduk di suatu daerah mendonorkan darahnya, maka kebutuhan darah di daerah tersebut dapat terpenuhi.

Padahal menurut dia, donor darah tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, namun memberikan dampak kesehatan bagi pendonornya.

Sehingga dia mengimbau, setiap orang perlu mendonorkan darahnya untuk menjaga stabilitas darah yang bagus di dalam tubuh. (Antara)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s