Pengajuan KTP Menumpuk karena Persediaan Blangko Kosong

Cianjur, 14/10 – Pengajuan kartu tanda penduduk di sejumlah kecamatan di Kabupaten Cianjur, Jabar, Kamis, menumpuk akibat persediaan blangko KTP kosong.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Drs Asep Sopian, didampingi Kabid Catatan Sipil Sunardi SH, membenarkan kekosongan tersebut, sehingga pihaknya terpaksa menunda proses pembuatan KTP.

Menurut Asep untuk memenuhi kekurangan tersebut, pihaknya akan menunggu penetapan APBD perubahan 2010 dan proses lelang.

“Jika pengadaan barang diantaranya blangko sudah ada, kami akan segera mendistribusikan ke kecamatan-kecamatan,” katanya.

Persediaan blangko KTP yang dimiliki , kata dia, telah habis sejak satu pekan lalu. Sedangkan pelayanan untuk masyarakat, harus terus dilakukan. Kebutuhan blangko saat ini, sekitar 30-40 ribu lembar per bulan.

“Posisi kami serba salah, kalau menyiapkan blangko terburu-buru, bisa disalahkan. Misalnya kami bisa saja meminjam dana talangan dari pihak kedua, tapi takutnya salah,” ucapnya.

Dia menjelaskan, mengacu kebutuhan pada tahun lalu, Dinas Kependudukan Cianjur, membutuhkan 150 ribu lembar blangko KTP dalam setahun.

Saat ini pihaknya mengambil kebijakan, menunda seluruh proses pengajuan KTP dari kecamatan se Cianjur, sampai pengadaan blangko KTP baru, terlaksana.

Sementara itu, Camat Cilaku Drs Asep Kusmanawidjaya M.Si, mengatakan keterlambatan blangko untuk KTP itu, membuat warganya resah dan kesal.

“Sudah satu pekan terakhir, pemohon KTP di kecamatan kami menunggu. Bahkan tidak sedikit yang datang dengan wajah resah dan kesal, mereka meminta pengajuan KTP dipercepat karena banyak keperluan,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak dinas, dimana saat ini blangko untuk KTP masih kosong dan pihaknya diminta menunggu.

Hal senada diucapkan Camat Cikalong Firmasn Firdaus SIP, M.Si dan Camat Sindangbarang O. Sopandi SIP serta Camat Agrabinta Rustandi S.Pd, M.Si.

“Hampir merata di setiap kecamatan blangko untuk KTP masih kosong. Jadi kami hanya bisa meminta warga yang hendak membuat KTP bersabar, untuk beberapa waktu,” kata Firman Firdaus dan diamini camat lainnya.

Sedangkan beberapa orang warga yang ditemui di kantor kecamatan, mengeluh atas kekosongan blangko tersebut. Pasalnya mereka membutuhkan KTP untuk mengurus surat-surat dan melamar pekerjaan.

“Seharusnya pihak terkait di Pemkab Cianjur dan kecamatan, sudah mengantisipasi terjadinya kekosongan blangko KTP. Bukanya masyarakat diharuskan memiliki KTP tapi buktinya, sudah satu minggu KTP saya belum selesai,” keluh Maya (32) warga Kecamatan Cikalongkulon.(ANTARA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s