Polres Cianjur Gencarkan Operasi Geng Motor

Upaya yang dilakukan Polres Cianjur mengantisipasi sekaligus memberantas munculnya geng motor di wilayah Kabupaten Cianjur semakin gencar. Malahan telah diisntruksikan tembak di tempat terhadap anggota gank motor yang mengancam keselamatan anggota.

Selain itu, razia rutin di beberapa lokasi yang disinyalir menjadi tempat berkumpul anggota geng motor terus dilaksanakan. Kemudian, Jajaran Polres Cianjur melaksanakan antisipasi melalui langkah persuasif. Salah satunya, Sabtu (27/11) malam di Lapang Prawatasari, Joglo Kab. Cianjur yang biasa menjadi tempat nongkrong kawula muda, Polres Cianjur menggelar nonton bersama menggunakan kendaraan operasional Unit Penerangan Lalu Lintas.

Kapolres Cianjur AKBP Djoko Hariutomo mengatakan kegiatan nonton bareng pertama kali dilaksanakan, tujuannya sebagai upaya pembinaan mengantisipasi dugaan keberadaan gank motor diwilayah Cianjur. Kegiatan ini sengaja digelar di Lapang Prawatasari mengingat setiap Sabtu malam ( malam minggu ), biasanya menjadi lokasi tempat berkumpulnya kawula muda. “Kedepan, kami memilih lokasi-lokasi lain yang biasa dijadikan tempat kumpul anak muda. Selain itu, ditiap polsek nanti akan dilakukan kegiatan serupa. Ini merupakan upaya pembinaan dalam mengantisipasi munculnya gank motor,” katanya.

Ditegaskan Kapolres, sesuai perintah Kapolda Jawa Barat, pihaknya memerintahkan tembak ditempat terhadap gank motor yang membahayakan keselamatan anggotanya. Kemudian, pihaknya juga akan menindak siapapun anggota geng motor yang orangtuanya tercatat sebagai anggota kepolisian. “Kita tidak akan segan-segan menindaknya, termasuk kalau ada anak polisi yang terlibat dalam geng motor,” ujarnya.

Sementara Kasat Lalu Lintas Polres Cianjur Ajun Komisaris Gatot Satrio Utomo menjelaskan selain upaya pembinaan, kegiatan ini juga sekaligus ajang sosialisasi Undang Undang Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas, utamanya menyangkut penggunaan helm SNI, penyalaan lampu besar pada siang hari, maupun imbauan tidak bertelepon saat berkendaraan. “Ini juga sekaligus sosialisasi persiapan menjelang Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Dijelaskan Gatot, film yang diputar diantaranya tentang narkoba, KAMSELTIBLANTAS, dan film terbaru. Upaya penanggulangan geng motor yang sudah berjalan patroli hunting, mengumpulkan club motor, apel besar paguyuban motor Cianjur, dan melaksanakan patroli bersama anggota TNI ketempat tempat rawan. (PRLM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s